Penyakit Insomnia

Penyakit Insomnia – Banyak orang mengeluh susah tidur. Memang kedengarannya agak lucu, tidur itu sesuatu pekerajaan yang paling mudah, mengapa orang bisa susah tidur. Andaikata orang mengeluh susah bangun tidur, rasanya ini lebih bisa dimengerti. Namun, banyak orang yang mengeluh sulit tidur. Jika ditanya jam berapa masuk kamar dengan maksud untuk tidur dan jam berapa tertidur, jawabannya cukup bervariasi.

Penyakit Insomnia

Penyakit Insomnia

Insomnia adalah gangguan psikis meskipun faktor fisik juga berpengaruh. Bila penyebabnya adalah gangguan psikis yang diperlukan untuk mengatasinya adalah tindakan psikis. sementara bila penyebabnya adalah gangguan fisik, secara simptomatis gangguan inilah yang diupayakan untuk dikurangi.

Dengan kata lain, penyakit insomnia merupakan ketidakmampuan seseorang untuk tidur selama periode yang seharusnya, di saat orang-orang biasanya tidur dnegan lelap pada malam hari. Adapula Penyakit Insomnia yang disebabkan oleh penyakit Faral farmilial Insomnia (Baggiby, 1968) yang termasuk penyakit yang dipicu oleh prion. Banyaknya orang yang menderita gangguan tidur di Amerika serikat berkisar dari 10-38% dari jumlah penduduk.

Penyebab gangguan susah tidur atau Penyakit Insomnia ini diantaranya adalah depresi, gangguan jiwa atau teman tidur yang mendengkur. Sepuluh persen dari jumlah penderita gangguan tidur mengatasi problem tidurnya dengan mengkonsumsi obat. Gangguan sulit tidur alias Penyakit Insomnia memang snagat mengganggu. Banyak orang yang memiliki jalan pintas dan tanpa berkonsultasi ke dokter langsung minum obat tidur. Tidur memang bisa jadi pulas, tapi ketika bangun badan Anda akan terasa semakin lemas dan lesu.

Penyebab penyakit insomnia pada lansia biasanya terjadi akibat dari usia yang semakin bertambah yang membuat pola tidur menjadi berubah. Hal ini akan meningkatkan resiko dari terjadiya penyakit insomnia namun tetapi pertambahan dari usia yang bisa menjadi salah satu penyebab yang mutlak dari terjadinya penyakit insomnia pada lansia. Selain itu, perubahan pada pola tidur yang berhubungan dengan usia adalah Sleep Architecture dan Ritme sirkadium.

CARA MENGATASI INSOMNIA

Penanganan yang dilakukan untuk penyakit insomnia pada lansia adalah dengan melakukan diagnosa. Jika diagnosa sudah ditegakkan, maka dilanjutkan dengan melakukan  rencana untuk penanganan. Cara menyembuhkan insomnia pada usia lanjut adalah dengan terapi nonfarmakologi. Tujuan yang dilakukan dari terapi insomnia ini adalah untuk membantu menghilangkan gejala insomnia dan juga untuk membantu meningkatkan produktivitas dan fungsi kognitif dari tubuh sehingga bisa membantu meningkatkan kualitas hidup pada mereka yang berusia lanjut.

Salah satu terapi insomnia pada lansia adalah dengan melakukan terapi relaksasi, terapi relaksasi ini bertujuan untuk membantu mengatasi suatu kebiasaan yang terjadi di usia lanjut yang mudah terbangun di malam hari saat sedang tidur. Dan untuk beberapa orang yang berusia lanjut biasanya mempunyai suatu kesulitan untuk bisa tertidur lagi setelah terjaga. Metode terapi insomnia dengan relaksasi ini dilakukan dengan meliputi relaksasi otot, guilded imagery, latihan pada pernapasan dengan menggunakan diafragma, yoga dan juga melakukan meditasi.

Sedangkan yang terjadi pada Penyakit insomnia kronik dasarnya adalah suatu keadaan yang ditandai dengan gejala susah tidur dalam jangka waktu yang lama. Hal ini adalah suatu keadaan yang lebih kompleks terjadi dengan beberapa sjuatu keadaan fisik dan juga psikologis sebagai salah satu penyebab yang menjadi dasarnya. Penyakit insomnia kronis dibagi lagi menjadi beberapa bagian yakni adalah penyakit insomnia kronik primer terjadi gangguan pada pola tidur dengan tidak mempuyai suatu kondisi yang khusus. Sedangkan pada penyakit insomnia kronik sekunde terjadi dengan berkaitan kondisi fisik atau psikologis seserang. Yang mendasari penyebabnya adalah suatu hal dasar. Dan selain karena tidak mempunyai kemampuan untuk tidur, maka beberapa gejala yang peling terlihat adalah suatu keadaan yang terjadi pada kelelahan pada otot, halusinansi, serta penglihatan ganda dan lain sebagainya. Yang paling menarik adalah orang yang mengalami penyakit insomnia kronik ini biasanya akan cenderung untuk menunjukkan suatu peningkatan yang sangat menakjubkan dari tingkat kewaspadaannya.

Cara mengobati insomnia kronik dilakukan dengan mengidentifikasikan penyebab insomnia yang menjadi dasar dari terjadinya insomnia. Hal ini akan menghasilkan suatu langkah dalam melakukan penanganan insomnia kronik. Dalam kasus insomnia kronik yang diakibatkan karena konsumsi obat tertentu, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan mengganti obat yang diresepkan. Tujuannya adalah untuk membantu serta mengurangi masalah yang terjadi.

Cara mengobati penyakit insomnia dengan cara alami bisa dilakukan dengan:

  1. Melakukan olahraga yang teratyr
  2. Menghindari jenis makanan serta minuman dengan asupan berlebihan saat akan tidur
  3. Lingkungan tempat tidur yang nyaman.
  4. Kurangi asupan minuman yang sifatnya adalah stimulan atau bisa membuat Anda terjaga seperti jenos minuman teh, kopi, dan rokok.
  5. Makanlah makanan yang ringan dengan kandungan karbohidrat yang rendah
  6. Mandi air hangat selama 30 menit sebelum tidur.

 Penyakit Insomnia


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Insomnia and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.