Penyakit Insomnia Pada Anak

Penyakit Insomnia Pada Anak – Beberapa gangguan tidur yang sering ditemukan adalah insomnia, hipersomnia, parasomnia, narkolepsi, sleep apnea, dan restless leg syndrome. Akibat adanya gangguan tidur, maka pada hari yang seharusnya bugar, ternyata badan anda terasa lelah dan mengantuk. Kalau anda mengalami hal yang demikian, jangan di anggap remeh, karena diduga anda merupakan salah satu penderita insomnia.

Penyakit Insomnia Pada Anak

Penyakit Insomnia Pada Anak

Insomnia dikelompokkan menjadi dua, yaitu insomnia primer dan insomnia sekunder. Insomnia primer, yaitu insomnia yang menahun dengan sedikit atau sama sekali tidak berhubungan dengan berbagai stres maupun kejadian yang dianggap luar biasa. Insomnia sekunder yaitu keadaan yang disebabkan oleh rasa nyeri, kecemasan, obat, depresi, atau stres yang hebat. Sesungguhnya insomnia bukanlah penyakit melainkan gejala yang memiliki berbagai penyebab seperti kelainan emosional, kelainan fisik dan pemakaian obat-obatan.

PENYAKIT INSOMNIA PADA ANAK

Penyakit Insomnia Pada Anak dapat menjadi salah satu pertanda adanya depresi yang muncul akibat gangguan psikiatrik yang ditandai oleh suasana perasaan (mood) yang depresif dan kehilangan minat dalam beraktivitas. Anda harus waspada ketika insomnia menghinggapi balita anda. Selama ini, insomnia lebih dikenal sebagai gangguan tidur pada orang dewasa, terutama mereka yang mengidap stres. Padahal, sebuah lembaga penelitian kesehatan di Amerika Serikat melaporkan, ada sekitar 84% anak usia balita menderita gangguan tidur yang menetap.

Di Indonesia berdasarkan hasil survei yang digelar oleh satu majalah kesehatan menyatakan bahwa sekitar 51,3% dari 80 anak usia balita bersekolah terbukti mengalami gangguan tidur. Energi anak-anak tersebut seolah tak pernah habis dan tahan membuka mata hingga tengah malam. Tanpa mengenal lelah ia melompat-lompat ditempat tidur, bermain game, mengoceh atau bernyanyi keras-keras. Dan jika dipaksa tidur ia akan berunjuk rasa dengan tingkah yang menyebalkan.

Penyebab penyakit insomnia pada anak bisa terjadi akibat beberapa hal dibawah ini :

  1. Kebiasaan tidur yang kurang baik
    Untuk bayi dan anak kecil biasanya mereka tidak mempunyai waktu tidur yang teratur, terjadinya perubahan pada rutinitas harian mereka akan memberikan suatu yang terlalu distimulasi pada waktu malam harinya. Dan biasanya semua ini bisa berkontribusi pada penyakit insomnia. Sedangkan untuk anak dengan usia yang lebih tua serta remaha, penyebab penyakit insomnia pada anak bisa disebabkan karena terlambat tidur, gangguan yang terjadi di ruang tidur, dan akibat mengerjakan PR terlalu malam, minum-minuman yang mengandung banyak kafein, serta makan makanan yang terlalu manis dan mengandung lemak tinggi sebelum memutuskan untuk tidur.
  2. Akibat faktor fisik dan emosi
    Penyebab insomnia pada anak juga berhubungan karena rasa tidak nyaman saat sedang pilek, akibat sakit telinga, sakit perut tumbuh gigi pada anak balita, alergi, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Keadaan yang seperti ini akan sangat mengganggu waktu tidur anak menjadi kurang nyenyak dan salah satunya adalah serangan asma pada anak, eksim dan juga mengompol. Masalah psikis juga bisa menjadi salah satu akar dari penyebab penyakit insomnia pada anak. Pada anak kecil, biasanya kecemasan yang terjadi dengan berlebihan akan membuat proses tidur mengalami hambatan. Pada anak yang usianya lebih tua dan remaja diakibatkan karena depresi yang bisa memicu terjadinya insomnia.
  3. Lingkungan sekItar
    Lingkungan dari kamar tidur dengan suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin, terlalu terang dan bising akan memberikan peluang penyakit insomnia terjadi pada anak. Hal-hal sederhana yang terjadi seperti popok basah pada anak, baju tidur yang membuat mereka tidak nyaman, serta akibat tidur yang kurang nyaman akan membuat waktu tidur malam mengalami gangguan.

CARA MENGOBATI INSOMNIA

Cara mengobati insomnia pada anak bisa dilakukan dengan cara dibawah ini:

  1. Memperbaiki pola tidur
    Sebaiknya menuntun dan mengajarkan mereka untuk terbiasa dengan pola tidur yang teratur. Caranya adalah dengan mendahului aktivitas harian atau kegiatan yang harus dilakukan untuk bisa membantu menyiapkan anak agar bisa tidur. Karena disaat rutinitas ini dilakukan dengan frekuensi yang lebih sering dan berulang-ulang akan menjadi suatu kebiasaan yang baik dan membuat mereka akan dengan mudah tidur.
  2. Mengatasi gangguan kesehatan
    Jika penyebab insomnia pada anak adalah akibat masalah kesehatan, maka cara yang dilakukan adalah mengatasi penyebabnya terlebih dahulu. Karena insomnia yang terjadi pada anak-anak biasanya disebabkan oleh suatu keadaan kesehatan yang biasanya akan sembuh dengan sendirinya.
  3. Membuat lingkungan tidur menjadi nyaman
    Membuat kamar tidur dengan nyaman untuk bisa mengatur waktu anak agar bisa tidur. Dengan cara menambahkan pelembab untuk bisa membantu melembabkan udara yang kering dan juga menyesuaikan termostat dan juga tempat tidur sehingga anak tidak akan kepanasan atau kedinginan, dengan cara seperti ini maka akan membuat tubuh menjadi lebih mudah tidur dan akan bertahan lebih lama.

Penyakit Insomnia Pada Anak


=====================================

>>> Kapsul Herbal Susah Tidur Untuk Mengatasi Insomnia, Membantu Mengatasi Gejala Susah Tidur Sekaligus Mengatur Pola Tidur Yang Berkualitas, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Insomnia and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *